Senin, 17 November 2014

Tips Menghindari Stress Saat Belajar

Hai,, sobat kalian tau bahwa dalam menghadapi ujian kita harus belajar dengan giat agar memperoleh hasil yang maksimal.Namun kita sadari bahwa saat belajar kita sering merasa bosan dan akhirnya memilih untuk lebih menomerduakan belajar kita.Hal ini tentunya menghambat kita untuk menuju ke perubahan yang lebih baik.Oleh karena itu,saya memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan agar kita dapat belajar tanpa merasa bosan.



TIPS MENGHINDARI STRESS SAAT BELAJAR:




1. Tidur jangan terlalu malam,
Untuk menjaga otak dan mata kita, biasanya hal ini ampuh untuk mengusir rasa stress yang ditimbulkan oleh rasa kantuk. Jika kita mengatur jam tidur, itu membuat otak lebih fresh dan bekerja dengan maksimal.
2. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan,
Sayuran mengandung serat sedangkan buah kaya akan vitamin. Jika keduanya kita konsumsi dengan teratur maka otomatis tubuh pun sehat dan membuat kita siap dalam belajar. Tubuh dan otak juga siap menerima ilmu yang nanti diserap.
3. Hindari minum kopi,
Minuman yang mengandung kafeina ini memang sudah biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia. Mengonsumsi kopi memang baik karena dapat mempercepat kinerja jantung serta otak,  tetapi jika mengonsumsi secara berlebihan sangatlah tidak baik.
4. Sediakan Air Minum,
Saat kita mulai terasa mengantuk, pada saat itulah tubuh kehilangan ion-nya yang membuat kita lemas dan mengantuk saat belajar. Untuk hal ini dengan meminum air putih atau isotonic adalah salah satu solusi yang tepat untuk menambah ion tubuh.
5. Dahulukan yang mudah,
Jika kita bingung untuk mengerjakan soal, semestinya yang dilakukan adalah mendahulukan soal yang mudah terlebih dahulu. Kinerja otak pun tidak terlalu berat pada saat ini.
6. Membuang pikiran lain,
Saat belajar dimulai, otak kita pun tertuju pada satu tujuan. Jika kita menggabungkan urusan lain dengan urusan di saat pembelajaran, otak pun tidak kuat untuk memikulnya. Yang akhirnya dapat menimbulkan stress dan takut serta tidak percaya diri saat mengerjakan soal.
7. Membaca do’a,
Membaca do’a, inilah hal yang paling terpenting dalam proses belajar. Dengan membaa do’a, kita bisa lebih focus dan serius dalam belajar. Selain itu, fungsi do’a juga mengaharapkan ilmu yang  kita pelajari itu bisa bermanfaat dan diamalkan.


Itulah beberapa tips dari saya,semoga bermanfaat untuk para pembaca.....
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar